AMPLOP CERMIN


102_3518

Pernahkan kamu dalam suatu pelatihan atau dalam acara, ada permainan, ada beberapa amplop bertempel berjejer yang salah satunya bertuliskan nama kita? Lalu peserta lainnya,  menuliskan sesuatu tentang kita, lalu dimasukan ke dalam amplop tersebut?

Itu salah satu sesi paling menarik menurutku. Karena kita bisa menilai diri kita dari penilaian orang lain. Seperti kita bercermin. Menilai diri kita dari sudut pandang teman – teman kita yang mungkin belum tersampaikan langsung ke kita. Yang biasanya saat ditulis itu lebih “jujur” dan “berani” disampaikan ke kita. Sehingga kita bisa lihat benar – benar “cermin” diri kita.

Berikut beberapa “isi amplop” yang aku simpan sebagai cerminan diriku dari teman – teman. Alhamdulillah, isinya aku terima dengan baik. Terima kasih teman – teman, kuakui banyak kekurangan dalam diri. Aku justru suka jika banyak yang menuliskan sisi negatifku. Karena dengan begitu, aku tahu, agar bisa kuperbaiki. Semoga bisa menjadi bahan menjadikanku tuk  jadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

Saat Sesi Pemberian Kesan Pesan Teman Sekelas S2 Pasca Sarjana Magister Promosi Kesehatan Universitas Diponegoro di Tahun 2013

  1. Abbi itu : plegma abis, tenang menghanyutkan, sering tidur di kelas :D
  2. Ingat abby ingat karakter komik tapi sudah lupa namanya

Ingat abby ingat temen Rohis

Multitalented….maju terus bi

Kembangkan semua  potensimu, selagi muda berkaryalah

  1. (+) Baik

(-) Kurang, peka,kurang menyatu

Kritik dan saran Continue reading

APA PERLU, SETIAP BULAN ITU RAMADHAN?


ilustrasi: inet

ilustrasi: inet

Masih terekam jelas, saat malam pertama Ramadhan. Pemandangan yang tak biasa. Waktu menjelang isya, masjid yang biasanya sepi, kali ini menjadi ramai. Sangat ramai. Hingga yang biasanya kudapatkan shaf depan dengan mudah, kali ini harus mengalah di barisan jauh ke belakang, penuh sesak.

Sebelum hadir di masjid pun,  kulihat, orang – orang ramai berjalan kaki, berbondong – bondong datang ke masjid. Bahkan melebihi yang biasanya. Berpakaian rapi lengkap “seragam masjid”. Baju koko, sarung dan peci. Tak kalah wanitanya pun sudah mengenakan mukena, tertutup auratnya, bahkan sejak awal berangkat dari rumah. Continue reading

LOGIKA LOKALISASI PROSTITUSI


SURABAYA, 26/10. Jalan Doli. Jalan Doli/Dolly Surabaya di kenal sebagai kawasan prostitusi terbesar di Asia Tenggara. FOTO SI/AKBAR INSANI

SURABAYA, 26/10. Jalan Doli. Jalan Doli/Dolly Surabaya di kenal sebagai kawasan prostitusi terbesar di Asia Tenggara. FOTO SI/AKBAR INSANI

Kejadian atau pemberitaan penutupan tempat prostitusi Dolly oleh Walikota Surabaya, Bu Risma sempat menjadi kontroversi dan menjadi perhatian publik masyarakat Indonesia. Kejadian itu menuai kecaman dari pihak tertentu dan ada pula yang mendukung kebijakan tersebut oleh beberapa golongan tertentu.

Kita seringkali mendengar atau bahkan mempunyai pendapat sama bahwa menutup lokalisasi atau tempat prostitusi adalah sebuah pelanggaran HAM dan hal yang sia – sia. Kita seringkali mendengar pendapat bahwa orang – orang sering mengatakan  bahwa penutupan lokalisasi itu hal yang percuma saja, karena iika para hidung belang atau permintaan pasar tetap tinggi, ya lokalisasi (praktek prostitusi) akan tetap ada.

Kita harus melihat secara jeli berpikir dan jernih. Tentu saja memang akan percuma jika kita mendefinisikan tindakan penutupan lokalisasi akan berakibat langsung dapat menghilangkan praktek prostitusi. Namun, jika kita mendefinisikan tindakan atau kebijakan itu adalah sebagai upaya untuk meminimalisir, tentu saja tidak akan percuma. Continue reading

REALITA MAHASISWA SEKARANG ; BBM NAIK, NELAYAN MELAUT PAKE SEPEDA?


Hehehe, penulis pun ketawa (nyengir kuda) ketika membaca judul diatas. Mungkin pembaca bertanya – tanya maksud dari judul diatas apa? Kok bisa nelayan melaut pakai sepeda? Trus hubungannya sama BBM naik, apaan? Ok, simak salah gambar status facebook di bawah berikut ini bbm naik   Continue reading

2014 in review


The WordPress.com stats helper monkeys prepared a 2014 annual report for this blog.

Here’s an excerpt:

The concert hall at the Sydney Opera House holds 2,700 people. This blog was viewed about 16,000 times in 2014. If it were a concert at Sydney Opera House, it would take about 6 sold-out performances for that many people to see it.

Click here to see the complete report.

Nih, Pesan Buat Loe Mahasiswa Yang Suka Ngamen!


Ini kisah nyata. Namun sebenarnya ini bukanlah kisahku sendiri. Kali ini kisah atau cerita dari salah seorang temanku yang tak sengaja menceritakannya padaku. Mungkin baginya itu kejadian atau cerita lucu atau lebih cenderung memalukan. Tapi bagiku itu ceita yang sarat akan makna.

Jadi, saat itu temanku pergi cari makan malam seperti biasa di sekitar area Tembalang. Tibalah dia  di satu tempat makan favoritnya. Sesudah dia memesan makanan. Sambil menunggu makanan yang dipesan itu diantar, tiba – tiba datanglah seorang ….

“Misi ganteng…”

IMG_1359_zpsd182ac7d

Continue reading

MEREKAM PESAN KEMATIAN DALAM TANAH. Bencana Longsor Karangkobar – Banjarnegara


o-CAMERA-facebook

“Abi?”

“Yak Pak? “

“Berangkat hari ini ya?”

“Siap Pak, kapan pak?”

“Sekarang.

“Sekarang?”

“Iya sekarang”.

Yap, saat ku di depan komputer kantor,tiba – tiba perintah itu muncul. Aku tahu jika PKPU sedang mempersiapkan aksi tanggap darurat di Lokasi bencana Banjarnegara. Tanpa pikir panjang aku segera bergegas berangkat bersama kepala cabang PKPU Semarang. Continue reading

Kumpulan Status Facebook & Twitter Kontroversial, Lucu, Menginspirasi dan Gak Penting Abhy Hikmatyar #3 2015 (update hingga desember 2014)


Graphic1

Yap,kembali lagi postingan kumpulan status gak penting ini hehe. Kali ini update dari januari sampai desember 2014. Yah,,,setiap perjalanan hidup pasti kadang menemukan hikmah kan? maka penulis kadang seringkali curcol di sosmed. Dan ini rangkumannya. Semoga bermanfaat :)

Cek Facebooknya dan follow Twitternya :)
cek juga #1 dan #2

nikmat yang paling besar adalah penglihatan dan pendengaran. Tanpa keduanya kita tak bisa berpikir.

https://www.facebook.com/abhy.hikmatyar/posts/10203205902770776?pnref=story

Menulis itu, menuangkan apa yg berbisik di kepala

https://twitter.com/AbhyHikmatyar/status/546451988330713088

sadar gak sih film2 hollywood terutama yg genre action sering disisipi islamophobia,stigmatisasi makna jihad dan negara muslim ky irak, afgan, (?)

https://www.facebook.com/abhy.hikmatyar/posts/10203181568762441

Pernahkah dalam do’a – do’a kita, kita memesan kematian seperti apa nantinya?

https://www.facebook.com/abhy.hikmatyar/posts/10203128526156409

Dunia terlalu sepi jika hny utk milik berdua

https://twitter.com/AbhyHikmatyar/status/534159613013155840 Continue reading

MELIBATKAN ALLAH


Pernahkah kita selalu melibatkan Allah di setiap aktivitas dakwah kita? Bagaimana caranya? Bagaimana menghadirkan Allah selalu dalam hati kita?

Untukmu para aktivis dakwah dan golongan orang muflihuun

Mukminin wa mukminat rahimakumullah

Kita memang sudah sangatlah sering mengalami berbagai musibah , kesukaran , kepahitan, kekecewaan dalam perjalanan dakwah kita. Namun, ingatlah bahwa semuanya itu terjadi karena memang atas izin Allah.

”Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah”. (At-Taghaabun 11)

Percayalah, pasti ada hikmah besar dibalik musibah yang kita alami ini. Dan pilihannya hanya ada dua, mundur atau bangkit. Bisa jadi, musibah ini justru membuat kita “terpaksa” untuk lebih kuat lagi, lebih cerdas lagi, lebih solid lagi, lebih banyak belajar dalam berjamaah dan berdakwah. Ujian kelas kakap pasti akan melahirkan orang kelas kakap, ujian kelas teri akan menghasilkan orang kelas teri juga. Oleh karena itu, bukankah kita termasuk wa ulaaika humul muflikhuun mendapat ujian ini?

Nahkoda yang tangguh tidak lahir di samudra yang tenang

  Continue reading

“BAK MANDI ANTI NYAMUK” SEBAGAI ALTERNATIF BARU UNTUK PENGENDALIAN PERKEMBANG BIAKKAN VEKTOR NYAMUK


  1. Latar Belakang
    1. Gambaran Penyebaran Angka Kesakitan Akibat Vektor Nyamuk

Demam Berdarah Dengue  merupakan masalah kesehatan utama di Jawa tengah khususnya kota Semarang. Berdasarkan angka kesakitannya dari 2008 sampai 2009, DBD kota Semarang masih menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah. Pada 2009 angka kesakitan DBD kota Semarang mengalami penurunan menjadi 261. Kendati begitu tetap tak merubah posisi peringkat pertama tertinggi di Jateng  mengingat angka kesakitannya pun menurun menjadi 35. Sementara untuk Jateng turun menjadi 55. (Suara Merdeka, 2010).

Berdasarkan data yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penyebaran virus Dengue masih luas dan belum bisa ditemukan alternatif yang paling jitu untuk menurunkan angka kesakitan DBD. Data tersebut adalah hanya menjelaskan pada daerah kota Semarang provinsi Jawa Tengah saja, belum kepada data penderita atau angka kesakitan DBD di seluruh Indonesia. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan oleh virus dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti ini, dari tahun ke tahun angka kesakitannya masih saja tinggi. Korban yang meninggalpun masih ada setiap tahunnya. Jumlah kasus DBD di Semarang sendiri pada 2009 mengalami peningkatan. Jika pada 2009 jumlah penderita DBD sebanyak 3883 orang pada 2010 naik menjadi 4642 kasus. Faktor lingkungan berupa sarang nyamuk, genangan air jernih, semak-semak, sampah dan kaleng besar membawa pengaruh terbesar pada angka kejadian.  (Suara Merdeka, 2010). Continue reading