MELIBATKAN ALLAH


Pernahkah kita selalu melibatkan Allah di setiap aktivitas dakwah kita? Bagaimana caranya? Bagaimana menghadirkan Allah selalu dalam hati kita?

Untukmu para aktivis dakwah dan golongan orang muflihuun

Mukminin wa mukminat rahimakumullah

Kita memang sudah sangatlah sering mengalami berbagai musibah , kesukaran , kepahitan, kekecewaan dalam perjalanan dakwah kita. Namun, ingatlah bahwa semuanya itu terjadi karena memang atas izin Allah.

”Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa seseorang kecuali dengan ijin Allah”. (At-Taghaabun 11)

Percayalah, pasti ada hikmah besar dibalik musibah yang kita alami ini. Dan pilihannya hanya ada dua, mundur atau bangkit. Bisa jadi, musibah ini justru membuat kita “terpaksa” untuk lebih kuat lagi, lebih cerdas lagi, lebih solid lagi, lebih banyak belajar dalam berjamaah dan berdakwah. Ujian kelas kakap pasti akan melahirkan orang kelas kakap, ujian kelas teri akan menghasilkan orang kelas teri juga. Oleh karena itu, bukankah kita termasuk wa ulaaika humul muflikhuun mendapat ujian ini?

Nahkoda yang tangguh tidak lahir di samudra yang tenang

  Continue reading

Logika dan Iman


Tulisan ini hasil dari perenungan penulis terhadap fenomena – fenomena yang ada serta ilmu yang sedikit diketahui penulis. Mohon maaf jika ada kesalahan, karena kebenaran hanya milik Allah SWT semata.

 

Logika. Akhir – akhir ini penulis, agak terusik dengan kata ini. Logika merupakan senjata akal manusia yang paling dibanggakannya. Dengan logika, manusia bisa menjadi menghasilkan banyak hikmah, ilmu yang bermanfaat bagi manusia maupun menjadi sebuah kelemahan. Kelemahan? Ya, kelemahan. Kelemahan kaitannya dengan lemahnya iman. Bisa menjadikan iman hilang dari dadanya jika logika diatas iman mereka. Jika ada hal yang salah menurut logika dan akhirnya menyalahkan iman yang belum bisa dibuktikan. Naudzubillah.

Logika itu terbatas. Tidak percaya? Aku buktikan. Dahulu sebelum pesawat terbang diciptakan, tidak ada yang percaya bahwa manusia bisa terbang. Bahkan Wreight Brothers dikatakan sebagai orang gila karena mereka bilang manusia bisa terbang. Dan pada saat itu tidak logis manusia bisa terbang. Namun, setelah mereka menciptakan pesawat terbang pertama, maka hal itu menjadi logis. Bagaimana? Logika terbatas kan?.  Dahulu Galileo Galilei menemukan bahwa Bumi itu bentuknya bulat. Namun, hal itu bertentangan logika orang – orang pada zaman itu yang berpendapat bumi itu bentuknya datar. Dan hal – hal yang demikian berlaku juga bahwa pada orang yang bisa ke bulan, serta penemuan – penemuan yang lain.

Lalu apa kesimpulanmu? Continue reading

KKN STORY


    KKN,…apa yang terlintas pada pikiranmu jika mendengar kata KKN? KKN bukan yang sedang marak di negara kita, Korupsi Kolusi dan Nepotisme,,,atau juga bukan Kura – Kura Ninja (hehe). KKN itu adalah Kuliah Kerja Nyata, yang dilakukan mahasiswa – mahasiswa dalam rangka bentuk pengabdian nyata pada masyarakat di suatu Universitas. Secara, Universitas kan menganut tri dharma perguruan tinggi; pendidikan, penelitian, dan pengabdian…(bener gak ya?). KKN juga bisa menandakan secara tidak langsung mahasiswa tersebut berarti sudah semester tua (hehe). Kata kebanyakan orang sih, KKN itu seru , KKN itu bikin nganenin, KKN itu kaya di tv-tv “jika aku menjadi…”, bisa ketemu banyak orang baru, teman baru, atau bahkan bisa bertemu jodoh (hehe). Namun, itu tergantung sudut pandang orang yang mau melakukannya sih..bisa sadar banyak menangkap hikmah pelajaran atau tidak.

Sisi Gelapku


Gak sengaja nemu puisi yang aku buat waktu SMP…n_n

Kuterjebak dalam semu

Gelap, disuatu tempat dihatiku

Tak ada lagi setitik cahaya

Hanya mimpi – mimpi palsu

Ingin ku bunuh semua emosi

Emosi diri yang tak terkendali

Karna sisi gelap dalam angan

Tak terlihat, namun bisa kurasakan Continue reading

KB, TAK SEPENUHNYA HARAM TAK SEPENUHNYA HALAL


Oleh : Hikmatyar R.A

Dewasa ini banyak perdebatan di kalangan para ulama, diskusi – diskusi dan konsultasi di berbagai media internet maupun secara terbuka (diskusi publik). Perdebatan tersebut mengenai hukum dalam islam, program pemerintah nasional yang bertujuan untuk mengurangi angka ledakan penduduk di Indonesia, yaitu KB (Keluarga Berencana). Menurut pendapat para ulama nasional maupun internasional, merujuk pada dasar hukum suci islam Al – Qur’an dan As Sunnah, penerapan program KB dan berbagai apilikasinya hukum asalnya adalah haram. Namun, ada juga pihak yang menentang karena tidak semua aplikasi dari program KB itu adalah haram untuk diimplementasikan untuk masyarakat. Penduduk indonesia yang notebene mayoritas beragama islam, diharapkan mengetahui dan paham mana dari berbagai aplikasi program KB yang tidak bertentangan dengan syariat islam dan mana yang bertentangan. Continue reading

Hijaber atau Jilbaber?


Tulisan ini ku tulis karena semakin maraknya wanita – wanita muslim yang memakai jilbab rumit. Kenapa rumit? karena ku tahu cara memakainya juga sekarang rumit. Rumit dengan cara memakainya yang diputer – puter, diiket – iket, digantung-gantung berlapis – lapis hingga ratusan (emang wafer?). Bagus sih tapi bener gak? hehe. Bener maksudku memang bener sesuai syariah kagak?..
Oke sebagai bahasan pertama, aku kutip salah satu hadits… Continue reading

Syukurku Doaku Kesaksianku


Ya Alloh, Ya Rohman Ya Rokhim…
Roda waktu tak kurasa sudah jauh pergi
Engkau muliakan yang Engkau kehendaki, Engkau hinakan yang Engkau Kehendaki
Tak kutemui sia – sia yang Kau tuliskan ini
Ku akhirnya mengerti sandiwara di dunia, tak abadi namun penuh arti Continue reading

Aby Kecil… Jangan Menangis Lagi.


Berawal saat Aku mendapat materi di kuliah tentang ilmu perilaku, yaitu lebih tepatnya adalah masa kecil atau masa kanak – kanak juga mempengaruhi karakter ketika dia dewasa. Atau lebih tepatnya, karakter pribadi seseorang saat ini sebagian besar didapatkan dari proses belajar dari masa anak – anak. Karena disebutkan, anak kecil adalah “peniru yang ulung”. Oleh karena itu, hal itu langsung Aku coba…Ya, pada diriku sendiri.

….. Continue reading