REALITA MAHASISWA SEKARANG ; BBM NAIK, NELAYAN MELAUT PAKE SEPEDA?


Hehehe, penulis pun ketawa (nyengir kuda) ketika membaca judul diatas. Mungkin pembaca bertanya – tanya maksud dari judul diatas apa? Kok bisa nelayan melaut pakai sepeda? Trus hubungannya sama BBM naik, apaan? Ok, simak salah gambar status facebook di bawah berikut ini bbm naik   bbm naik 2 Awal mula, dari media yang lagi hangat – hangatnya tentang kenaikan BBM pada akhir tahun 2014 kemarin. Muncullah di timeline, satu –dua status teman facebook yang menggelitik penulis untuk diulas.

Tentang aksi mahasiswa

Mungkin, tentang aksi – aksi mahasiswa, kita sudah “kenyang” dijejali media – media mainstream kita tentang pe-label-an aksi mahasiswa. Aksi – aksi mahasiswa di otak kita akan melahirkan sebuah persepsi ;anarkis, bakar ban, tawuran, bentrok ,bikin macet, manfaatnya tidak bisa langsung terasa. Sekilas memang benar adanya. Ada sebagian aksi yang seperti itu kita lihat. Namun, kita tidak bisa stereotyping atau menggeneralisasikan semua aksi mahasiswa seperti itu, atau akan berakhir seperti itu. Ingatlah aksi  mahasiswa ‘98. Kita harus berpikir secara bijak dan menganalisis lebih dalam lagi sebelum mengambil keputusan berpikir. Harus menilai isi esensi tujuan sebab dilakukannya aksi, bukan hanya melihat dari hasil yang kadang tidak sesuai rencana.

Anarkisme aksi kadang juga terjadi karna adanya provokasi atau memang “daya kepeduliannya” terlalu tinggi hingga lahirnya sebuah “desakkan aspirasi”. Dan media suka itu,karna lebih “menarik” untuk diliput, dan karna lebih “menarik”untuk ditonton serta lebih laku. Aksi damai penulis kira banyak juga terjadi, tapi jarang ditampilkan di layar kaca. Dan memang mahasiswa dalam  aksi, hanya bisa sebatas berjuang “meneriaki” aspirasinya kepada sang pembuat kebijakan, agar aspirasinya itu “lebih” didengar. Dan agar bisa merubah sebuah kebijakan atau melahirkan keputusan. Mahasiswa bukan pembuat kebijakan negara yang bisa saja membuat keputusan dan hasilnya pun bisa langsung terasa oleh semua kalangan rakyat. Tidak semudah itu.

Dan tentang kenaikkan BBM

Hei… sadarlah, kenaikan BBM tidak hanya “dinikmati” oleh mahasiswa saja. Kita mungkin bisa analisis, dalam gambar status diatas. Bisa ditebak sang pemilik status,dalam menulis status hanya berada dalam sudut pandang dirinya sebagai mahasiswa. “Berkacamata” hanya sebagai mahasiswa (red-dirinya  sendiri). Bisa dilihat dari solusinya. Sebenarnya  tak ada yg salah, bagus memang solusinya. Namun itu untuk mahasiswa. Sedangkan yang aksi – aksi itu notabene adalah kepedulian besar,disela – sela kesibukannya mereka kuliah, mereka masih memikirkan dan memperjuangkan nasib akibat rakyat /orang lain akibat kenaikkan BBM selain mahasiswa,yaitu nelayan, petani, buruh dll. Sepertinya kurang bijak jika langsung menyimpulkan mahasiswa yang sedang aksi itu tidak solutif, hanya teriak – teriak saja, dan kurang dewasa pola pikirnya. Mungkin mereka mahasiswa yang suka aksi, masih bisa memilih, lebih baik eksis di surat kabar karna memperjuangkan nasib rakyat daripada sibuk selfie dengan tongsisnya.  Ya..walaupun kita tidak bisa menggeneralisasikan juga.

Hehe oleh karena itu, penulis sedikit jahil dan gemes dengan status itu,lalu koment “lalu, nelayan melaut pakai sepeda?”, dengan sedikit usil mengambil solusi yang ia tawarkan, diterapkan kepada “penikmat” kenaikkan BBM dari kalangan rakyat yang lain. Hehe (maaf jika ada yang tersinggung).

Dan oleh karena itu…

Kita sejatinya bisa memilih lebih bijak dalam berpikir. Memakai segala sudut pandang, mau memahami sebab baik – buruk, pro – kontra, atau mendengar dua belah pihak yang berseteru, sebelum menyimpulkan sesuatu. Agar wawasan kita tidak terlalu sempit. Sabar, jangan terlalu cepat menyimpulkan, hindari stereotyping, menggeneralisasikan sesuatu karena tertipu dengan “label”yang dimainkan media. Mulailah ber-mind set “tidak semua”,  serta yang paling penting adalah budayakan kroscek hingga ditemukannya bukti otentik. Hanya sedikit nasihat bukan maksud untuk menggurui.

Wallohu’alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s