ROK MINI, BERBAHAYA!


Kategori : Opini gagal masuk koran
Date : 19 – 3 – 2012
 

223565_07575409032012_7Era globalisasi menghadirkan plurasisme di Indonesia. Namun, tak semua kultur – kultur yang dominansi dari western itu baik diadopsi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari bahasa, perilaku, adat, sampai ke tingkat fashion. Kebudayaan timur lama kelamaan akan terkikis oleh globalisasi yang mempunyai andil besar ini.

Dahulu, wanita memakai rok mini adalah hal yang tabu. Namun sekarang merupakan hal yang biasa dilihat. Sebagai mahasiswa yang merupakan makhluk berintelektual, seharusnya lebih bisa memandang lebih jauh tentang memakai rok mini di kampus. Selain bisa mengurangi nilai adat ketimuran yang kaya akan kesopanan, bisa juga meningkatkan kriminalitas yang merugikan kaum hawa ini. Yaitu, pelecehan seksual atau bahkan pemerkosaan. Sebagai mahasiswa seharusnya bisa berpikir sudut pandang ganda bahwa semua akibat pasti ada sebab. Ada gula ada semut, ada sebab ada akibat, ada banyak kasus pemerkosaan dan pelecehan karena salah satu sebab kaum wanita tidak bisa menjaga auratnya. Namun seringkali kita menemukan kaum pria yang menjadi kambing hitam atas kasus – kasus pelecehan dan pemerkosaan.

Rok mini juga jika kita telaah, merupakan simbol pergeseran nilai budaya. Dahulu, wanita memakai celana ketat merupakan hal yang tabu. Hingga sekarang wanita memakai rok mini merupakan hal biasa. Dan nanti sekitar 10 atau 20 tahun lagi, mungkin wanita telanjang merupakan hal yang biasa pula. Inilah hal yang seharusnya perlu kita perhatikan. Jadi, stop memakai rok mini karena membahayakan diri sendiri dan budaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s